Tour Travel, Jakarta – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung destinasi desa-desa wisata Tanah Air bisa ...
Produk unggulan yang sapat menjadi potensi dari desa wisata
yang bisa dikembangkan seperti wisata alam, budaya, serta wisata buatan dengan
karya yang otentik. Sebagai contoh yaitu Desa Wisata Penglipuran di Bali, yang paling
difokuskan adalam adat istiadat menakjubkan yang berada di desa, yang biasa
dikenal dengan desa bebersih. Dari hal itu menjadi nilai plus, agar wisatawan
dapat pengalaman berwisata yang tak terlupakan.
Nilai tambahan tersebut sesuatu yang dapat dilihat (to see),
sesuatu yang bisa dilakukan (to do), sesuatu yang dapat dipelajari (to learn),
dan sesuatu yang dapat dibeli (to buy). Dengan adanya nilai plus ini, potensi
unggulan desa wisata nantinya bertransformasi sebagai produk wisata yang bisa
ditawarkan kepada wisatawan.
Langkah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam
mengembangkan desa wisata merupakan satu hal yang dapat memenuhi indikator
prioritas pembangunan wilayah pada RP JMN 2020-2024. Target yang ditetapkan
oleh Kemenparekraf sekitar 244 desa wisata terferifikasi menjadi desa wisata
mandiri yang berkelanjutan hingga 2024.
“Kita ingin mewujudkan desa yang produktif dan mandiri.
Tugas kita adalah kita harus memberdayakan 244 desa. Desa wisata ini harus
menjadi desa mandiri dari desa rintisan. Oleh karena itu, kita all out,
sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif itu bisa membangkitkan
pertumbuhan ekonomi kita dan menyejahterakan masyarakat,” ujar Sandiaga Uno.
Tidak ada komentar